Kamis, 25 Juni 2015

Hunting Birding Rancabayawak Bandung Gedebage Jawa Barat

Rancabayawak GedebageLokasi untuk photo birding di daerah Bandung Timur ini sudah lama dikenal oleh para fotografer dan disana banyak sekali burung yang bisa difoto terutama dengan jenis Java Heron atau biasa disebut dengan burung Blekok. Mencapai lokasi ini dapat memakai patokan Bundaran Cibiru yang berada di jalan Nasional/Soekarno hatta.

Selain burung Heron ada juga burung dengan jenis lain seperti kuntul kerbau, kareo padi dan kalau beruntung bisa ketemu mandar batu dan ceruleans kingfisher.


Lokasi tempat hunting yang menarik di kota Bandung untuk foto pemandangan,curug dsb sudah dijelaskan dihalaman ini dan sekarang kita akan mencoba mengambil foto burung yang berada didaerah Gedebage dan lokasinya cukup dekat dengan stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Peta Lokasi dan arah ketempat ini bisa lihat saja dibawah


Masuk ke dalam dapat melalui jalan Soekarno Hatta, jalan Cimincrang lalu ke jalan Rancanumpang, anda akan melalui rel kereta api.. terus lurus sampai anda melihat sungai kecil disebelah kanan yang berarti anda sudah dekat dengan lokasi, setelah itu cari jembatan seperti gambar dibawah ini


 lewati jembatannya dan disana anda seharusnya sudah bisa melihat banyak burung putih yang beterbangan. Disana nanti ada lapangan sepakbola kampung yang dapat dijadikan sebagai spot dan ada beberapa sawah disana. Parkir motor dapat disekitar lokasi atau dipinggir jalan yang lokasinya aman atau dekat dengan anda. Dilokasi ini ada 2 bohon bambu yang digunakan tempat burung2 Heron beristirahat diatasnya, bisa dilihat pada foto dibawah

sebagai patokan disini kita bisa memakai mesjid Al-Ikhwan yang berdekatan dengan spot hunting foto birding




Contoh foto burung yang diambil dilokasi hunting birding ini diperlihatkan dibawah
Rancabayawak Gedebage

Rancabayawak Gedebage

Rancabayawak Gedebage

contoh foto burung disini diambil memakai kamera DSLR dengan setting diafragma f.8, shutter 1/2000 , iso 2000, file RAW dengan resolusi maksimum, shutter diset pada mode Drive (multiple shoot) dan lensa fix 500mm. Jika anda memakai bukaan lensa yang lebih cepat seperti f.4 itu akan lebih baik karena kita bisa menurunkan iso menjadi 1000 atau menambah kecepatan menjadi 1/4000. Anda tidak harus memakai auto focus pada lensa yang sedang dipakai karena ketika kita akan mengambil burung yang sedang terbang kamera akan mencari titik focus terus sehingga momentnya terlewat, disini saya memakai lensa manual dengan cara menggerakkan ring focus dan melihat melalui viewfinder. Waktu pengambilan foto burung disini anda dapat memakai tripod kamera ataupun dilepas, burung Heron disini tidak terlalu takut dengan  manusia jadi kita bisa mengambil foto pada jarak yang cukup dekat. Mereka tetap bertengger diatas pohon setiap waktu dan kita bisa mengambil foto ketika burung tersebut turun ataupun baru datang ketika akan hinggap di pohon bambunya. Setting kamera lebih baik disetting pada mode SHUTTER PRIORITY dan set pada kecepatan 1/1500 atau 1/2000 dan iso dengan mode AUTO dimana kamera akan menyesuaikan dengan kecepatan yang sudah kita pilih.

Post processing untuk foto disini saya memakai Adobe Lightroom 6 ditandem dengan Adobe Photoshop CS6, di Lightroom kita bisa mengatur ulang Exposure, white balance, merubah saturasi per warna dan sedikit perbaikan/healing kalau lensa kita kotor. Proses menghilangkan noise kadang menggunakan Adobe Lightroom atau memakai Topaz Denoise lalu ditambah mikro kontras dengan software Nik Software Google melalui Color Efex Pro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar