Senin, 20 April 2015

Cara membuat foto produk atau katalog yang bagus

Apakah anda pernah melihat foto produk yang terlihat sangat bagus apakah itu dimajalah atau diinternet? mari kita coba beberapa cara, tip dan trik agar foto produk kita lebih menarik dan lebih professional. Disini kita akan membuat foto produk sederhana dengan 1 objek dan biaya yang tidak mahal.

Foto produk juga sangat bervariasi mulai dari produk fashion, mainan, aksesoris wanita seperti gelang,cincin,jam tangan, sepatu dsb. Sebagai contoh disini akan diperlihatkan cara membuat foto dengan memakai lampu yang tersedia tanpa memakai flash. Harga Jasa foto dengan jenis produk yang ditarif oleh fotografer sangat bervariasi tergantung dari pengalaman dan foto yang dihasilkannya

Tutorial ini akan dibagi menjadi 2 artikel, pertama kita akan menggunakan bahan yang tersedia dan gampang digunakan, sedangkan bagian 2 akan memperlihatkan cara foto produk dengan menggunakan Light Tent atau kotak putih yang memang dikhususkan untuk foto produk

Menggunakan Peralatan Minimalis

Peralatan apa yang diperlukan?

  1. Produk dengan bentuk kecil yang tidak mengkilap seperti jam tangan,mainan anak, replika atau aksesoris yang menarik.
  2. Kertas karton putih untuk dijadikan sebagai alas produk
  3. Lampu kamar yang sedang anda gunakan sekarang
  4. Kamera dan Tripod agar kamera tidak bergoyang
  5. Styrofoam putih yang bisa dibeli di toko buku seharga 10ribu

Untuk contoh saya akan menggunakan produk mainan anak yang warnanya netral dan mudah  menyerap cahaya sehingga kita dapat melihat bayangan diproduknya. Jika anda meletakkan barang/produk yang akan difoto di meja tanpa memikirkan dari sisi lain, hasil fotonya tentu akan sangat tidak menarik contohnya seperti ini:


disini terlihat banyak kekurangan misalnya:

  1. Disekitar meja kotor dan terlihat tidak rapih
  2. Cahaya tidak dipikirkan / Setting exposure kamera tidak tepat sehingga terlihat lebih gelap
  3. Dibelakang produk terlalu banyak barang yang mengganggu mata orang yang melihat
  4. Sudut yang diambil belum maksimal


Walaupun produk yang difoto kurang menarik, kita sebagai pembuat foto harus membuat foto yang maksimal dan terlihat sangat bagus karena itu akan membuat efek yang sangat membantu untuk para customer yang akan melihat atau ingin membeli produk kita.

Mari kita tempatkan kertas putih / karton diatas produknya dan kertas tersebut juga harus menutupi bagian belakang produknya. Disini kita hanya memakai lampu neon putih biasa dan skemanya seperti dibawah ini:


perhatikan bahwa posisi fotografer/kamera tidak boleh menutupi antara objek dengan sumber cahaya agar hasilnya maksimal dan disini lampu yang digunakan merupakan lampu neon putih bulat yang sekarang dipakai untuk menerangi ruangan, karena sedikit gelap biasanya fokus menjadi lebih susah dan untuk mengatasinya anda bisa menggunakan senter untuk menerangi objeknya, fokus secara auto/otomatis lalu matikan setting autofocus dikamera anda agar titik fokusnya tidak berubah.

Setting kamera yang digunakan Manual,iso100, f/5.6, 50mm, 8detik, exposure compensation +1 karena kita memakai alas putih. Jika kamera anda mempunyai fitur MIRROR LOCKUP aktifkan saja karena akan membantu kamera tidak bergetar dan setting shutter di TIMER 2detik atau anda juga bisa menggunakan cable release. White Balance saya buat AWB/AutoWhiteBalance atau dengan temperatur sekitar 4800kelvin
Ini contoh pengambilan fotonya :

dan ini hasilnya:

lebih ok tapi masih ada yang kurang difoto ini yaitu:

  • Sudut pengambilan belum pas
  • Warna background belum benar2 putih
  • Bayangan dibelakang objeknya masih terlalu hitam dan cukup mengganggu


Untuk menyelesaikan problem diatas kita harus mengatur ulang posisi kamera di tripodnya agar sudutnya lebih enak, disini saya memakai reflektor dengan cara menutupi bagian atas objek dengan styrofoam putih.
Setting kamera tidak dirubah masih tetap di Manual,iso100, f/5.6, 50mm, 8detik, exposure compensation +1
Pengambilan fotonya seperti ini:

dan ini hasilnya
contoh terakhir terlihat bayangan diobjeknya tidak terlalu hitam tapi masih terlihat untuk menunjukan dimensi dari produk tersebut. Ini merupakan teknik dasar, jika anda mengambil foto yang berbahan metalik seperti garpu, sendok dsb metode ini kurang bagus karena bayangan disekeliling anda akan terbawa, bayangkan jika lemari anda berwarna merah ! dalam produknya akan terlihat warna merah yang akan mengganggu.

Teknik mengambil foto produk untuk saat ini sudah selesai, silahkan anda coba dengan produk/barang yang menarik untuk dijadikan latihan. Artikel berikutnya saya akan bahas mengenai pengambilan foto berbahan metalik/memantulkan cahaya dengan LightTent dan cahaya kuning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar